Cara Memperbaiki Colokan DC Adaptor Charger Laptop

Sobat pasti tau dong adaptor atau charger laptop? kan ada bagian colokan DC yang ditancapkan di laptop tuh? Nah, itu masalahnya bro! Sudah beberapa hari laptop adik saya tidak bisa dipakai gara-gara colokannya rusak. Pada bagian tengah-tengah colokan yang seharusnya ada semacam jarum tembaga untuk kutub positif, namun sayangnya jarum tersebut patah dan tidak bisa untuk men-charger atau mengisi baterai laptop tersebut. Berikut penampakannya,



Saya sempat berkeliling kota Jogja dan kota Bantul untuk menemukan colokan seperti yang saya maksud. Di beberapa toko elektronik tidak tersedia sama sekali, yang ada hanya colokan yang lebih kecil dari colokan laptop adik saya. Bingung bro!

Setelah berkeliling kesana kemari, akhirnya saya menemukan tempat servis dan jualan komputer di jalan Bantul. Tanya ada gak colokan bekas seperti ini, malah direkomendasikan untuk membeli charger universal seharga 200 ribu. Mahal amat! Padahal saat itu saya pas lagi limit, dan saya pun pulang mengurungkan niat untuk membelinya. Tanggal tua sih.hehee.

Dengan perasaan bingung saya sempatkan untuk menyandarkan raga. Sampai suatu waktu saya kepikiran, kenapa tidak saya perbaiki saja ya? Kan lebih murah daripada harus beli charger :D

Nah dari hal itu saya mulai memperbaikinya dari membongkar colokan charger laptop tersebut. Bisa anda lihat bagaimana colokan charger setelah saya bongkar :D


Gambar diatas adalah gambar colokan charger laptop yang sudah saya bongkar karetnya. Kemudian saya copot bagian pin tengahnya dengan menggunakan tang cucut atau tang lancip. Lihat gambar dibawah ini,


Pin jarum kecil sudah tidak ada karena patah.

Dari sebab itulah saya melakukan perbaikan dengan menambahi jarum kecil dengan menggunakan pin sisir yang sudah saya jadikan lebih kecil dengan meng-kikir-nya. Jarum kecil tersebut saya solderkan ke bagian pin yang patah. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah,


Hasilnya seperti ini,


Setelah proses penyolderan pin dan jarum, saya masukan kembali pin tersebut ke lubang bagian tengah konektor charger tersebut. Dan hasilnya seperti ini,


Selesai bro! Akhirnya jadi juga :D


Agar rapi kemudian saya bungkus kembali dengan menggunakan karet pembungkus aslinya dan saya balut dengan isolasi. Alhamdulillah sekarang adaptor/charger laptop adik saya sudah bisa digunakan seperti biasanya. Gimana sob? Mudah kan? :D

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments

Komentar lah dengan bijaksana . Komentar yang mengandung spam akan langsung dihapus oleh admin.Komentar Berupa Link aktif tidak akan muncul di komentar

Pasang iklan disini